Senin, 22 November 2010

PEMASARAN


PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang di tunjukan untuk merencanakan , menetukan harga , mempromosikan , dan mendistribusikan  barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli potensial .

Penciptaan faedah bagi konsumen

            Pemasara adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu  dalam penciptaan nilai ekonomi . selain pemasaran , kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi  adalah :
v     Produksi yang membuat barang –barang
v     Konsumsi yang mengunakan barang – barang tersebut

Faedah ( utility) adalah kekuatan dari suatu atau jasa untuk memuaskan kebutuhan .
Perusahan dapat menciptkan lima macam faedah , yakin :
1.      faedah bentuk
2.      faedah waktu
3.      faedah tempat

konsep pemasaran

            konsep pemasaran adalah sebuah falsafa bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsuman merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan .

Pendekatan study pemasaran

            Pemesaran dapat di pelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan , yaitu :
v     pendekatan serba fungsi
v     pendekatan serba lembanga
v     pendekatan serba barang
v     pendekatan serba manajemant
v     pendekatan serba sistem

Pendekatan serba fungsi

            Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan  kebiasaan dalam perdagangan dalam perdangan .Adapun fungsi pokok pemasaran adalah
v     penjualan
v     pembelian
v     pengangkuatan
v     penyimpanan
v     pembelanjan
v     penanggungan resiko
v     standardisasi dan grading
v     pengumpulan informasi  pasar

Pendekatan serba lembaga

Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi / lembaga-lembaga yang terlihat dalam kegiatan pemasaran lembaga tersebut adalah :
v     penyedian bahan / supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
v     produsen yang mengolah bahan menjadi bahan jadi .
v     pembeli saingan
v     pembeli akhir.

Pendekan serba barang

            Pendekatan serba barang atau di sebut juga pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagai mana barang – barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri .

Pendekatan serba Manajeman

            Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik – beratkan pada manajeman serta keputusan yang mereka ambil .

Pasar

Pengertian pasar adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas , uang untuk barbelanja , danm kemampuan untuk membelanjakannya .
 Macam – macam pasar
Pada pokoknya , pasar dapat dikelompokan ke dalam 4 golongan , yakin :
  1. pasar konsumen
  2. pasar industri
  3. pasar penjual
  4. pasar pemerintahan

Segementi pasar

            Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi – membagi pasar yang bersifat hetrogen dari suatu produk kedalam satuan – satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat homogen .

Marketing Mix

             Marketing Mix  adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan , yakin : produksi , strutur harga , kegiatan promosi , dan sistem distribusi .

Pengertian barang

 Barang / produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat di raba , termasuk bungkus , warna , harga , prestise perusahaan dan pengeceran , yang di teriama oleh pembelian untuk memuaskan kepentingan atau kebutuhannya .

Merk
           
Brand suatu nama , istilah simbul ,atau disain ( rancangan) , atau kombinasinya yang di maksud untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual dan untuk membedakannya dari barang – barang yang di hasilkan oleh pesaing .

Penetuan harga

Arti dan pentingnya harga
Harga adalah sejumlah uang ( di tambah beberapa barang kalau mungkin ) yang di butuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang berserta pelayanannya .

Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat harga
            Dalam kenyataan , tingakt harga yang terjadi di pengaruhi oleh baberapa faktor , seperti :
  1. kondisi perekonomian
  2. penawaran dean permintaan
  3. elastisi permintaan
  4. persaingan
  5. persaingan
  6. biaya
  7. tunjangan manajer
  8. pengawasan pemeriontahan .

PROMOSI DAN PERIKLANAN

Promosi asrus informasi atau yang ada di buat untuk mengarahkan yang di buat Untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang dibuat untuk mengarahkan kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran .

Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat , yaitu :
v     periklanan
v     personal selling
v     promosi penjualan
v     publisitas dan hubungan masyarakat .

Periklanan adalah komunikasi non- individual . dengan jumlah biaya , melalui , lembaga non laba , serta individu- individu .

PERSONAL SELLING , PROMOSI PENJUAL ,
 DAN PUBLITAS

Personal selling adalah interaksi antara individu , saling bertemu muka yang di tunjukan untuk menciptakan , memperbaiki , menguasai , atau mempertahankan yang saling menguntungkan dengan pihak lain .

Bauran pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
§                     Product (produk)
§                     Price (harga)
§                     Place (tempat, termasuk juga distribusi)
§                     Promotion (promosi)
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar